Posted by : Unknown Selasa, Agustus 19, 2014

                               


adalah perangkat lunak bebas kembali pelaksanaan SMB / CIFS networking protokol , awalnya dikembangkan oleh Andrew Tridgell . Pada versi 3, Samba menyediakan berkas dan cetak layanan untuk berbagai Microsoft Windows klien dan dapat mengintegrasikan dengan domain Windows Server , baik sebagai Primary Domain Controller (PDC) atau sebagai anggota domain. Hal ini juga dapat menjadi bagian dari Active Directory domain.
Samba berjalan pada kebanyakan Unix dan Unix-like sistem, seperti Linux , Solaris , AIX dan BSD varian, termasuk Apple Mac OS X Server dan Mac OS X klien (versi 10.2 dan yang lebih besar). Samba adalah standar pada hampir semua distro Linux dan umumnya termasuk sebagai dasar sistem pelayanan pada sistem operasi berbasis Unix lain juga. Samba dirilis di bawah ketentuan GNU General Public License . Nama Samba berasal dari SMB ( Server Message Block ), nama protokol standar yang digunakan oleh sistem file jaringan Microsoft Windows.


Fitur

Samba memungkinkan berbagi file dan cetak antara komputer yang menjalankan Windows dan komputer yang menjalankan Unix. Ini merupakan implementasi dari puluhan layanan dan selusin protokol, termasuk:
  • NetBIOS atas TCP / IP ( NBT )
  • SMB
  • CIFS (versi yang disempurnakan SMB)
  • DCE / RPC atau lebih khusus, MSRPC , Network Neighborhood suite protokol
  • Sebuah WINS Server juga dikenal sebagai NetBIOS Name Server (NBNS)
  • PB Domain suite protokol yang mencakup NT Domain login
  • Security Account Manager (SAM) database yang
  
Samba set up jaringan berbagi untuk Unix memilih direktori (termasuk semua terkandung subdirektori). Ini muncul kepada pengguna Microsoft Windows sebagai normal Windows folder diakses melalui jaringan. Pengguna Unix dapat baik me-mount saham secara langsung sebagai bagian dari struktur file dengan menggunakan perintah smbmount atau sebaliknya, dapat menggunakan utilitas, smbclient (libsmb) diinstal dengan Samba untuk membaca saham dengan interface yang mirip dengan baris perintah standar FTP Program. Setiap direktori dapat memiliki hak akses yang berbeda overlay di atas normal berkas perlindungan Unix. Sebagai contoh: direktori home akan akses baca / tulis untuk semua pengguna yang dikenal, yang memungkinkan masing-masing untuk mengakses file mereka sendiri. Namun mereka akan tetap tidak memiliki akses ke file-file lain kecuali izin yang biasanya ada. Perhatikan bahwa pangsa netlogon, biasanya didistribusikan sebagai hanya berbagi membaca dari / etc / samba / netlogon, adalah direktori logon script untuk logon pengguna.
Layanan Samba diimplementasikan sebagai dua daemon:
  • smbd, yang menyediakan layanan berbagi file dan printer, dan
nmbd, yang menyediakan nama layanan NetBIOS-to-IP-address. NetBIOS over TCP / IP membutuhkan beberapa metode untuk NetBIOS pemetaan nama komputer ke alamat IP dari jaringan TCP / IP.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Daftar Blog Saya

Pages

NURVINAPRAKERIN By Vhina Vhani. Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Blogger templates

- Copyright © CV. PREGASOLUTION, Tbk -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -